Online Training – (BTCLS) Basic Trauma & Cardiac Life Support

Online Training – (BTCLS) Basic Trauma & Cardiac Life Support

May 13, 2022

Jadwal Pelatihan Online Training – (BTCLS) Basic Trauma & Cardiac Life Support

TanggalTempatKota
14 - 15 Juni 2022--

LATAR BELAKANG

Kecelakaan atau bencana dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti halnya kecelakaan lalu lintas, kecelakaan rumah tangga, kecelakaan kerja, dan sebagainya. Perawat sebagai lini terdepan dalam pelayanan gawat darurat harus mampu menangani masalah yang diakibatkan kecelakaan dengan cepat dan tepat, dengan pendekatan asuhan keperawatan yang mencakup aspek bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual. Oleh karena itu Perawat dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler.

Salah satu upaya dalam peningkatan kompetensi tersebut dilakukan melalui Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). BTCLS merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita. Pelatihan BTCLS ditujukan bagi Perawat/tenaga medis lainnya yang sudah bekerja di Rumah Sakit, perusahaan, Puskesmas dan Klinik.

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta mampu menangani kasus kegawatdaruratan kardiovaskuler termasuk di dalamnya serangan jantung (Acute Miocard Infark) dan arythmia lethal. Melalui pelatihan ini peserta akan diajarkan untuk menggunakan alat Automatic External Defibrillator yang merupakan alat basic standar internasional. Selanjutnya, setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk menangani berbagai kasus kegawatdaruratan trauma khususnya pada kasus-kasus kecelakaan lalu lintas, kecelakaan di perusahaan atau tempat kerja. Para peserta juga akan dilatih untuk mampu melakukan triage baik di lokasi bencana maupun di Unit Gawat Darurat. Pelatihan ini juga bisa dikuti oleh mahasiswa keperawatan/kebidanan agar lebih matang dalam memasuki dunia kerja dan mampu bersaing di pasar kerja.

 

TUJUAN PELATIHAN

  1. Peserta memahami sistem penanggulangan penderita gawat darurat terpadu.
  2. Peserta memahami konsep dasar penanggulangan penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma sesuai standar internasional.
  3. Peserta mampu mengenali keadaan yang mengancam nyawa pada pederita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma.
  4. Peserta mampu melakukan penanggulangan/penanganan penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma berdasarkan prioritas masalah.
  5. Peserta mampu melakukan triage baik di lokasi bencana atau di Unit Gawat Darurat (UGD).
  6. Peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma yang memadai untuk bekerja di UGD, ICU, Klinik, Puskesmas dan Ambulans Gawat Darurat.

 

MATERI Training Online – (BTCLS) Basic Trauma & Cardiac Life Support

  1. Acute Coronary
  2. Airway Management
  3. Aritmia & Therapi Listrik
  4. Bantuan Hidup Dasar
  5. Biomekanik Trauma
  6. Cedera Kepala
  7. EKG Konsep Dasar
  8. Etika dan Hukum dalam Keperawatan Gadar
  9. Initial Assessment
  10. Keracunan
  11. Latihan EKG Strip
  12. Luka Bakar
  13. Luka dan Fraktur
  14. Perekaman EKG
  15. Shock Management
  16. Transport dan Rujukan Penderita Gawat Darurat
  17. Cakupan BTCLS
  18. Taksonomi Tujuan Instruksional
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – (BTCLS) Basic Trauma & Cardiac Life Support
Link
*Jumlah Peserta
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,