Online Training – Manajemen Risiko K3

Online Training – Manajemen Risiko K3

March 5, 2024

Jadwal Pelatihan Online Training – Manajemen Risiko K3

TanggalTempatKota
12 - 13 Maret 2024--
12 - 13 Februari 2024--

DESCRIPTION

Potensi bahaya banyak terdapat di tempat kerja dan mengakibatkan kerugian baik dari perusahaan, karyawan maupun terhadap masyarakat sekitar. Upaya untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menerapkan suatu konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan sarana utama untuk pencegahan kecelakaan kerja, cacat dan kematian sehingga akibat kecelakaan kerja yang bersumber dari potensi bahaya yang ada dapat dicegah.

Kecelakaan kerja selain menyebabkan kerugian langsung juga menyebabkan kerugian secara tidak langsung yaitu kerugian pada kerusakan mesin dan peralatan kerja, terhentinya proses produksi, kerusakan lingkungan dan lain-lain. Bahaya dan risiko ada dimana-mana di sekeliling kita. Jenis bahaya dan tingkat risiko tergantung dari kondisi lingkungan yang dihadapi termasuk di lingkungan kerja.

Jenis bahaya dan tingkat risiko dari setiap tahapan proses dalam suatu proses industri adalah spesifik. Tidak semua pekerja mampu mengenali bahaya dan risiko dari pekerjaan yang mereka lakukan. Mengetahui jenis bahaya dan tingkat risiko di lingkungan kerja adalah kunci pokok untuk dapat mengendalikan bahaya dan risiko tersebut agar tidak menjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mengidentifikasi bahaya dan kajian risiko sehingga dapat dikembangkan sistem atau program pengendalian bahaya dan risiko di tempat kerja.

 

PURPOSE

Memberikan pengetahuan dan keterampilan secara terpadu kepada para peserta untuk melakukan Risk Assessment berwawasan K3 baik melalui HIRAC, Job Safety Analysis maupun HAZOB, serta melakukan kegiatan K3 lainnya yang diperlukan oleh setiap perusahaan.

 

COURSE OUTLINE

  1. Memahami Konsep Bahaya dan Risiko
  2. Jenis-jenis Bahaya dan Identifikasi Bahaya
  3. Identifikasi Peraturan Perundang-Undangan yang Terkait
  4. Penilaian Tingkat Risiko dan Hierarki Pengendalian Risiko
  5. Identifikasi Pengendalian Operasional dan Program Manajemen K3
  6. Re-Assessment (Penilaian Ulang)
  7. HAZOB Technique Risk Ranking at The HAZOB Study
  8. HAZOB Actions/Recommendations and HAZOB Report
  9. Investigasi Insiden, Analisa Penyebab dan Sistem Pelaporannya
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – Manajemen Risiko K3
Link
*Jumlah Peserta
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi