Rumah SakitYogyakarta

Public Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital

Jadwal Training Public Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital:

    PENGANTAR

    Perbaikan dalam bidang pelayanan kesehatan adalah salah satu misi pemerintahan saat ini, dimana diharapkan pelayanan kesehatan yang dalam hal ini diselenggarakan oleh rumah sakit swasta maupun pemerintah mampu memberika pelayanan yang maksimal keseluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu tidak henti-hentinya pemerintah melalui aparatur negaranya yaitu kementrian kesehatan mengeluarkan aturan-aturan perbaikan baru untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada warga negaranya, salah satu bentuk perbaikan itua adalah dengan dikeluarkanya SK Kep. Menkes no: 1197/Menkes/SK X/pada tahun 2004, dimana pemerintah menetapkan Standar Pelayanan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit (IFRS) yang secara garis besar berisi:

    • Pelayanan instalasi farmasi harus menjadi satu, tidak boleh terpisahkan dengan pelayanan rumah sakit lainnya
    • Orientasi pelayanan instalasi farmasi harus fokus kepada: pelayanan pasien, pelayanan penyediaan obat yang bermutu, pelayanan farmasi klinik dengan biaya terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.
    • Mengedepankan sudut pandang pelayan yang mengadopsi kepada ” Pharmaceutical Care “, yang bertujuan untuk yang mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan keseluruh lapisan masyarakat.

    Dengan adanya peraturan ini, tentunya akan menjadi gambaran bahwa dengan adanya standar pelayanan baru yang harus diterapkan pastinya perubahan ini akan meningkatkan biaya operasional dimana akan berdampak kepada meningkatnya harga obat. Kenyataan ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi para manajerial rumah sakit, dimana hal ini akan berdampak pada kemampuan bersaing dalam menjual pelayanan kesehatan. Inillah kenyataan yang harus dihadapi oleh rumah sakit saat ini, tentunya kemampuan untuk memaksimalkan keefektifitasan biaya obat dan harga yang bersaing sangat diharapkan demi keberlangsungan operasional rumah sakit.

    Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini menjadi solusinya, dalam program pelatihan ini akan dibahas dan diajarkan bagaimana menjadikan pelayanan kefarmasian pada sebuah rumah sakit bisa menjadi salah satu upaya nyata dalam mendukung terciptanya persaingan pelayanan yang unggul dan juga nantinya akan sekaligus menjadi daya saing di rumah sakit sekaligus manfaat yang besar bagi pasien.

    Sebuah pertanyaan besar bagaimana melakukan semua yang tersebut diatas, bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika instalasi farmasi, melalui apa instalasi farmasi rumah sakit bisa mempunyai peran nyata baik dari sisi ekonomi, penyediaan dan ketersedian obat yang aman, berkhasiat dan bermutu tunggi.  Bagaimana konsep mnajemen logistik dan distribusi obat dirumah sakit, yang efektif baik dari sisi ketersediaan dan biaya yang efektif. Dapatkan semua kebutuhan pengetahuan dan kemampuan di atas dalam program Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini,

     

    TUJUAN

    Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini diantaranya bertujuan untuk:

    1. Memberikan pemahaman dan pengetahuan sekaligus gambaran arah dan perkembangan tantanga kedepan di instalasi farmasi di rumah sakit.
    2. Peserta mampu melakukan dan mengelolah manajemen logistik farmasi secara prima dan mampu menyediakan obat dengan harga terjangkau dan terjaga ketersediaanya.
    3. Mendalami peran IFRS dalam melaksanakan Manajemen Logistik dan Distribusi Obat yang lebih cost effective
    4. Mampu membangun dan mengembangkan pelayanan instalasi farmasi yang bermutu dan berdaya saing tinggi di rumah sakit.

     

    MATERI Training Public Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital

    • Pengantar perkembangan instalasi rumah sakit saat ini dan masa lalu, tantangan kedepan dan peran instalasi farmasi dalam meningkatkan pelayanan dan daya saing rumah sakit.
    • Estimasi kebutuhan logistik dan distribusi obat, dan mampu melakukan identifikasi yang tepat dalam rangka menghadapi tantangan masa depan.Mengidentifikasi Tantangan Farmasi RS dibidang Manajemen Logistik & Distribusi Obat.
    • Peran apoteker dan tantangan profesinya kedepan.
    • Mampu melakukan pengelolahan manajemen keuangan rumah sakit yang tepat guna
    • Manajerial: persedian obat, distribusi obat, dan pengendalian ketersedian obat.
    • Manajemen organisasi instalasi farmas dan sistem informasi manajeme farmasi rumah sakit
    • Konsep mutu dan pelayanan kefarmasian di rumah sakit
    • Teknik implementasi dan strategi serta tips dan trik pengelolahan dan pengembangan instalasi rumah sakit

     

    PESERTA

    Peserta yang wajib ikut dalam training ini adalah Direktur Penunjang Medik, Kepala Unit Bagian Penunjang Medik, Ka. Instalasi Farmasi Rumah Sakit, dan seluruh oihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terkait dengan penetapan kebijakan ketersedian stok obat yang harus disediakan di rumah sakit

     

    TRAINING METHOD

    Presentation

    Discussion

    Case Study

    Evaluation

     

    FACILITY

    Training Kit

    Handout

    Certificate

    Lunch + 2 X Coffee Break

    Souvenir

    PickUp Participant

     

    TRAINING FEE for Public Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital

    Rp 5.000.000,00/peserta/non-residential (3 – 5 Orang)
    Rp 5.500.000,00/peserta/non-residential (1 – 2 Orang)

    Form Pre-Registrasi

    Data Materi Training

    Topik Training : Public Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital
    Link
    *Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
    *Nama Peserta Yang Didaftarkan

    Personal Data

    *Nama
    *Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
    *Nama Perusahaan
    *Alamat Perusahaan
    *Email Perusahaan
    *Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
    *Telepon Kantor
    Ekstensi
    *Handphone
    * Harus di isi
    Tags
    , , , , , , , ,

    Related Articles

    *Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
    Close