Rumah SakitYogyakarta

Public Training Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

Jadwal Pelatihan Public Training Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

PENGANTAR

Salah satu bentuk terjaminnya pelayanan dan mutu laboratorium rumah sakit/klinik adalah dengan diperolehnya hasil uji seakurat mungkin, ketelitian dan ketepatan hasil pemeriksaan laboratorium yang bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan juga dari sisi hukum. Hal ini bertujuan untuk menjamin keefektifan hasil uji laboratorium terhadap sample yang dianalisa sehingga memberikan jaminan mutu kepada setiap pelanggan di rumah sakit.

Kehandalan dari suatu tes atau metode pemeriksaan adalah ukuran untuk menilai seberapa jauh tes tersebut dapat digunakan untuk kepentingan klinik baik sebagai tes penyaring, untuk menentukan diagnosis atau sebagai tes pemantau untuk menentukan prognosis dengan memperhatikan faktor penting dalam analisa seperti: resisi, akurasi, sensitifitas dan spesifitas analitik. Oleh karenanya pemantapan prosedur yang terbaharukan dalam sebuah analisa di laboratorium rumah sakit sangat ditentukan oleh beberapa hal seperti: metode analisa yang benar sesuai dengan standar yang ada, dilakukan oleh tenaga ahli yang berkompeten, pengambilan sample hingga pemantapan mutu secara internal dan eksternal seperti pelatihan, study banding dan pendidikan (formal/informal).

Selain itu juga dalam menjamin mutu sebuah data hasil pengujian, juga sangat penting diperhatikan tahap demi tahap proses analisa dimulai dari proses: preanalitik, analitik dan posanalitik, sehingga kesan yang selama ini ada yaitu bahwa adanya kesalahan dalam proses analisa sample di lakukan oleh bagian analitik akan tersanggah, melainkan yang benar adalah tahapan – tahapan dalam proses analisa dalam sebuah laboratorium rumah sakit adalah merupakan matarantai yang utuh dan kuat. Sehingga tindakan dan tahapan apa saja dalam proses analisa laboratorium mempunyai peran penting terhadap data hasil pemeriksanaan. Inilah yang perlu diperhatikan, di mana kegiatan quality control dan quality assurance (QA/QC) yang dilakukan oleh sebuah laboratorium akan menjadikan jaminan mutu dari hasil pengujian.

 

TUJUAN

Training Manajemen Laboratorium Rumah Sakit ini bertujuan agar peserta yang terlibat mampu mengetahui dan memahami dalam melaksanakan tahap – tahap pemeriksaan dengan benar dan mampu melaksanakan quality control/assurance (QA/QC) untuk mencapai hasil pemeriksaan yang sesuai dengan yang diharapkan.

 

MATERI Training Public Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

  • Pengantar pengelolahan dan penangan laboratorium berdasarkan standar: GLP, ISO/IEC 17025 dan  ISO/IEC 15189
  • Persiapan Analisa Laboratorium Klinik: Sampling, Preparation, Report
  • Pengendalian dan Monitoring Analisa Laboratorium Klinik (Quality Control Laboratorium)
  • Validasi dan Verifikasi Metode Analisa Laboratorium Rumah Sakit
  • Pengendalian dokumen dan sistem dokumentasi laboratorium rumah sakit

 

PESERTA

Kepala Laboratorium RS, Analis Laboratorium RS

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

PickUp Participant

 

TRAINING FEE for Public Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

Rp5.000.000,00/peserta/non-residential (3–5 Orang)

Rp5.500.000,00/peserta/non-residential (1–2 Orang)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Public Training Manajemen Laboratorium Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close