Online Training – 7 QC Tools

Online Training – 7 QC Tools

August 16, 2023

Jadwal Pelatihan Online Training – 7 QC Tools

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

DESKRIPSI

7 Quality Control Tools Merupakan tools yang sangat berguna sekali dan sangat ampuh untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi khususnya dalam suatu proses (produksi/manufaktur).

Dalam sebuah industri manufaktur, terdapat 2 bagian besar yaitu proses pembuatan suatu produk dan produk yang dihasilkan itu sendiri. Satu hal yang sama di dalam 2 bagian besar tersebut adalah kedua-duanya dapat menghasilkan suatu “Problem”. Dimana problem yang dihasilkan dalam proses pembuatan akan mengakibatkan meningkatnya problem-problem tersebut dapat diatasi.

Seiring berkembangnya teknologi dan kaitannya biaya produksi dan problem yang dihasilkan dari suatu produk akan menurunkan performance dari produk tersebut. Dengan menggunakan 7 QC Tools, pengetahuan, 7 QC Tools tidak hanya digunakan sebagai alat pemecahan masalah tetapi dapat juga digunakan sebagai tool dalam proses perbaikan (improvement) suatu proses/product sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di dalam industri dan alat bantu dalam melakukan Continues Improvement.

 

TUJUAN

  1. Mengetahui jenis-jenis 7 QC Tools & New 7 Tools.
  2. Mengetahui cara membuat dan menggunakannya dengan tepat dan benar.
  3. Mampu memilih alat bantu yang tepat dan sesuai dengan karakteristik data yang di analisa.
  4. Mampu memanfaatkan masing-masing alat bantu secara optimal dalam pekerjaan sehari-hari.
  5. Mampu menggunakan alat-alat bantu untuk mempresentasikan berbagai data dengan baik dan jelas.

 

MATERI Training Online – 7 QC Tools

  1. Fungsi dalam 7 QC Tools untuk memecahkan suatu permasalahan dan dapat membuat suatu improvement untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.
  2. Observasi suatu permasalahan dengan menggunakan metode 3-Gen dan dapat membuat suatu Grafik (Tools ke-1) sebagai hasil dari observasi tersebut.
  3. Pengolahan data hasil observasi ke dalam bentuk Pareto Chart (Tools ke-2).
  4. Metode analisa 4M (Man, Material, Method, Machine) melalui Fish Bond Analysis (tools ke-3), permasalahan yang telah ditetapkan melalui pareto chart dapat diselesaikan dengan tepat sasaran.
  5. Keadaan ideal (“Ideal State”) suatu mesin/proses melalui pemahaman “Natural Deterioration” dan “Forced Deterioration” sehingga kerusakan/problem yang terjadi tidak akan terulang lagi.
  6. Konsep 2-Gen (Fundamental Function dan Fundamental Condition) sehingga fungsi dari masing-masing part dari suatu mesin/peralatan dapat berfungsi secara maksimal dan tepat guna
  7. Scatter Diagram (tools ke-4) akan dapat memilah-milah apakah suatu keadaan mempunyai korelasi terhadap suatu permasalahan atau tidak.
  8. Fungsi Check Sheet (tools ke-5) yang berguna untuk mengumpulkan data secara praktis.
  9. Suatu proses manufacturing pasti akan menghasilkan output yang tidak seragam, padahal idealnya output yang dihasilkan harus mempunyai keseragaman yang tinggi. Dengan menggunakan Histogram (tools ke-6), “Quality of Product” akan selalu terkontrol di level yang tinggi.
  10. Control Chart (tools ke-7), merupakan tool yang mengontrol keseluruhan hasil kerja. Dengan adanya tool ini penyimpangan yang terjadi akan dapat cepat diketahui untuk segera dilakukan perbaikan.
  11. Prinsip sebuah improvement, mengapa harus dilakukan suatu project improvement.
  12. Jenis-jenis pemborosan
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – 7 QC Tools
Link
*Jumlah Peserta
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi