Online TrainingSeptember 2021Technical, Mechanical & Engineering

Online Training – Boiler (Pengoperasian Soot Blower, Operation and Protection System)

Jadwal Pelatihan Online Training – Boiler (Pengoperasian Soot Blower, Operation and Protection System)

TanggalTempatKota
29 - 30 September 2021--

DESCRIPTION

Boiler atau ketel uap adalah suatu bejana/wadah yang di dalamnya berisi air atau fluida lain untuk dipanaskan. Energi panas dari fluida tersebut selanjutnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk turbin uap, pemanas ruangan, mesin uap, dan lain sebagainya. Secara proses konversi energi, boiler memiliki fungsi untuk mengkonversi energi kimia yang tersimpan di dalam bahan bakar menjadi energi panas yang tertransfer ke fluida kerja.

Suatu boiler memerlukan pengaman atau sistem proteksi untuk menjaga keandalan operasi dalam masa periode panjang. Pengaman boiler dimaksudkan untuk menjaga dan menghindari gangguan yang lebih serius pada boiler dan alat bantunya, yang mengakibatkan menurunnya kemampuan boiler, ataupun kerusakan pada peralatan. Sistem pengaman boiler ini secara umum akan menggambarkan keamanan boiler dari korosi, overheating dan thermal stress yang ditimbulkan padasaat proses startup, normal operasi dan shutdown.

Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batu bara, Soot Blower merupakan alat yang sangat penting karena berfungsi untuk membersihkan tube pada boiler pada Heat Recovery Area (HRA) yaitu area Superheater, Economizer, Reheat, serta pada Air Heater dari kotoran/slag yang menempel. Soot Blower menyemprotkan uap panas auxiliary membersihkan dinding luar tube dan elemen heat exchanger pada Air Heater. Gas bakar sisa pembakaran di Ruang Bakar (Furnace) Boiler dinamakan flue gas. Pada flue gas hasil pembakaran masih banyak mengandung abu. Abu cair yang terkandung di dalam flue gas akan melekat dan membeku saat flue gas mencapai area pemanasan konveksi di HRA. Pengendapan abu cair akan sangat keras yang dikenal dengan istilah Bird Nesting. Sedangkan Fly Ash, abu padat yang melayang mengikuti aliran flue gas akan menempel di dinding elemen Heat Exchanger Tube dan Air Heater yang akan menurunkan efisiensi pertukaran panas. Soot Blower bekerja secara kontinue sesuai dengan jadwal skema periodik penyemprotan Soot Blower.

 

COURSE OUTLINE

  1. Komponen Boiler
  2. Operasi Boiler (Preparation, Start-up and Shut-down)
  3. Boiler Safety
  4. Sistem Bahan Bakar
  5. Sistem Udara dan Gas Asap (Flue Gas)
  6. Sistem Tarikan Api (Draft System)
  7. Sistem Air dan Uap
  8. Fungsi Proteksi/Pengaman Boiler
  9. Proteksi
  10. Mode Operasi Pengaman Boiler
  11. Jenis-jenis Soot Blower
  12. Media untuk Soot Blower
  13. Bagian-bagian Soot Blower
  14. Cara Kerja Soot Blower
  15. Root Cause Analysis pada Soot Blower
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – Boiler (Pengoperasian Soot Blower, Operation and Protection System)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close