Agustus 2021HSELaboratory and ChemicalOnline Training

Online Training – K3 Laboratorium

Jadwal Pelatihan Online Training – K3 Laboratorium

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

PENDAHULUAN

Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium penting diterapkan guna mencegah dan mengurangi resiko kecelakaan kerja yang akhir-akhir ini kerap kali terjadi akibat kurang kesadaranya para pengelola laboratorium untuk menerapkan Sistem Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), tidak hanya itu infrastruktur laboratorium juga mempunyai andil terhadap resiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi di laboratorium. Dimana diketahui berbagai kegiatan dan aktifitas yang dilakukan di laboratorium tidak lepas dalam menggunakan berbagai bahan kimia berbahaya, peralatan gelas dan instrumentasi khusus yang digunakan dan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan bila dilakukan dengan cara yang tidak tepat dan salah. Selain itu kecelakaan juga bisa terjadi karena kelalaian atau kecerobohan pada saat melakukan pekerjaan, yang menyebabkan cedera, luka berat, luka ringan bahkan kematian.

Laboratory Safety atau K3 Laboratorium merupakan dambaan bagi setiap individu yang sadar akan kepentingan kesehatan, keamanan dan kenyamanan kerja. Bekerja dengan selamat dan aman berarti menurunkan resiko kecelakaan. Walaupun petunjuk keselamatan kerja terkadang sudah tertulis dalam setiap aktifitas kerja di laboratorium, namun hal ini perlu dijelaskan berulang-ulang agar setiap individu lebih meningkatkan kewaspadaan pada saat bekerja. Penerapan dan Pelaksanaan Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Sistem K3 Laboratorium) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat mempengaruhi efisiensi dan produktivitas kerja.

Dengan  pengalaman dan arahan terkait dengan Penerapan dan sistem K3 yang efektif dilakukan di laboratorium, dimulai dari pengelolaan infrastruktur, sistem dan SDM. Hal inilah yang menyebabkan Training K3 Laboratorium ini penting diikuti bagi pihak yang terlibat dalam pengelolaan laboratorium

 

TUJUAN

  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada seluruh pihak pengelola laboratorium perihal pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium.
  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait cara pengelolaan infrastruktur, instrumentasi yang aman (design, layout, tata ruang, role kerja).
  • Membantu sumber daya laboratorium agar mampu membangun, mengelola dan mengendalikan keselamatan kerja di lingkungan kerja.
  • Mampu melakukan Audit K3 di laboratorium, dan juga bisa mengavaluasi hasil temuan audit sebagai dasar perbaikan sistem di laboratorium.

 

OUTLINE MATERI Training Online – K3 Laboratorium

  1. Pengantar K3 Laboratorium
  2. Identifikasi dan Potensi Bahaya di Laboratorium (ILO – International Hazard Datasheets on Occupation)
  3. COSHH (Control of Substances Hazardous to Health)
  4. Pengelolaan MSDS and Labeling
  5. Pengelolaan Laboratorium (Design dan Layout Laboratorium, Sistem Tata Ruang Laboratorium, Sistem Ventilasi Sirkulasi Udara, Safety Culture)
  6. Perlengkapan Pelindung Diri (APD) di Laboratorium
  7. Perapan Ergonomic Laboratorium
  8. Penyusunan dan Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium
  9. Monitoring Paparan Bahan Kimia Berbahaya
  10. Pengecekan dan Pemantauan Kesehatan Pekerja
  11. Audit K3 Laboratorium
  12. Evaluasi Sistem K3 Laboratorium
  13. Tips dan Trik Implementasi K3 Laboratorium yang Efektif
  14. Studi Kasus
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – K3 Laboratorium
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

Check Also

Close
*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close