Oktober 2021Online TrainingRumah Sakit

Online Training – Manajemen Sanitasi Dapur Rumah sakit

Jadwal Pelatihan Online Training – Manajemen Sanitasi Dapur Rumah sakit

TanggalTempatKota
05 - 06 Oktober 2021--

DESKRIPSI

Keberadaan dapur di Rumah Sakit sebagai penghasil limbah terbesar kedua setelah instalasi linen atau laundry, harus mendapatkan perhatian yang serius dari pihak manajemen. Pengelolaan bahan makanan dan makanan di dapur rumah sakit menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan para staf dan pasien di Rumah Sakit. Dapur yang salah kelola menyebabkan kontaminasi bakteri dan mikro organisme sehingga mendatangkan penyakit. Jangan sampai pasien yang dirawat di RS dengan penyakit A pulang dengan penyakit B.

Letupan penyakit oleh makanan disebabkan penyimpanan makanan tak benar, alat-alat tercemar (terkontaminasi air kotor, hewan, dan debu), serta kontaminasi silang peralatan memasak. Mikroorganisme dapat tumbuh dan berkembang cepat pada dapur lembab, peralatan yang disimpan belum kering, bahan makanan yang tak dibersihkan dengan benar, serta bak cuci piring dan spons pencuci yang kotor. Spons harus diganti berkala dan tak direndam air agar tak menjadi sarang mikroorganisme.

Manajemen pengelolaan makanan sangat penting dalam penyembuhan penyakit. Salah satunya menjaga kebersihan alat makan. Alat makan yang tak dicuci bersih menyebabkan bibit penyakit berkembang biak dan mencemari makanan yang disajikan. Peralatan yang digunakan harus kering. Contoh mikroorganisme yang bisa berkembang di permukaan basah di antaranya Pseudomonas, Staphylococcus, dan Escherichia Coli. Bakteri ini bisa mengganggu pencernaan, seperti muntah, nyeri, dan diare. Demikian kompleksnya permasalahan yang harus dihadapi para pengelola instalasi gizi di Rumah Sakit, guna memenuhi standar kesehatan lingkungan Rumah sakit. Untuk merealisasikan hal tersebut dibutuhkan sinergisitas antar departemen yang terdapat di Rumah Sakit. Karena pada akhirnya kepuasan pasien harus diwujudkan dengan komitmen bersama untuk mengoptimalisasikan kinerja organisasi secara keseluruhan.

 

TUJUAN

  1. Memberikan pengetahuan yang mendasar dalam pengelolaan dapur di rumah sakit.
  2. Memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran dan fungsi sanitarian di dalam penanganan limbah di dapur rumah sakit.
  3. Memberikan gambaran yang jelas mengenai hubungan antara kebersihan dapur rumah sakit dengan kepuasan pasien.

 

MATERI Training Online – Manajemen Sanitasi Dapur Rumah sakit

  1. Konsep Kepuasan Pelanggan di Rumah Sakit
  2. Upaya Peningkatan Kinerja Organisasional Rumah Sakit
  3. Pemantauan Kualitas Kimiawi dan Biologi dalam Pemantauan Hygiene Makanan
  4. Pemantauan Instalasi, Sarana dan Prasarana Dapur
  5. Proses Aerob dan Anaerob serta Material Safety Data (MSD)
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – Manajemen Sanitasi Dapur Rumah sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close