Juli 2020Mining, Oil, Gas & GeothermalOnline Training

Online Training – Sampling Pengujian dan Preparasi Batubara

Jadwal Pelatihan Online Training – Sampling Pengujian dan Preparasi Batubara

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

PENDAHULUAN

Batubara adalah suatu material solid yang sangat heterogen, bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa batubara adalah material solid yang paling sukar untuk diambil samplenya secara representatif. Hal ini dapat dimaklumi mengingat pembentukan batubara yang berasal dari tumbuhan yang sangat heterogen jenisnya. Selain itu faktor lingkungan selama proses pembentukan (coalification) ikut menambah heterogennya sifat-sifat atau karakteristik batubara tersebut. Oleh karena itu, berbagai penelitian dan pengujian statistik dilakukan oleh komite-komite standard internasional seperti ISO Standard, ASTM Standard, JIS, dan lain-lain dalam menentukan metoda pengambilan sample yang representatif.

Komite-komite standard tersebut secara terus menerus mengupdate metoda-metoda sampling dan preparasi untuk batubara agar metoda pengambilan sample untuk batubara tersebut lebih sempurna sehingga sample batubara dapat diambil secara representatif. Metoda standard untuk pengambilan sample tersebut sesuai dengan perkembangannya telah mengalami revisi-revisi atau update dengan metoda-metoda yang lebih mutakhir. Di sisi lain, Sampling merupakan proses yang paling penting dalam menentukan karakteristik suatu batubara baik dalam eksplorasi maupun dalam transaksi komersial. Kesalahan dalam sampling, akan menyebabkan seluruh hasil pengujian karakteristik batubara tersebut akan salah. Sehingga hal ini akan menyebabkan kerugian di salah satu pihak apabila kesalahan tersebut dilakukan pada pengujian karakteristik batubara untuk tujuan transaksi komersial.

Oleh karena itu, para pelaku bisnis batubara sebaiknya memahami atau mengerti dalam hal sampling, preparasi dan analisa batubara terutama untuk bagian-bagian teknisnya seperti bagian PIT Control, Tambang, Quality Control, Processing, dan Shipping.

 

MATERI Training Online – Sampling Pengujian dan Preparasi Batubara

1. Pengantar Secara Umum

Menjelaskan secara umum mengenai pembentukan batubara serta pengertian dasar mengenai komponen dan klasifikasi batubara.

2. Sampling

Menjelaskan secara rinci cara-cara sampling yang representatif sesuai dengan standard internasional. Termasuk di dalamnya adalah untuk sampling:

  • Channel Sampling
  • Stockpile Sampling (Stationary Sampling)
  • Moving Stream Sampling (Manual dan Mechanical)
  • Sampling di berbagai situasi dan kondisi

3. Preparasi

Menjelaskan secara rinci tata cara atau teknik preparasi batubara sesuai dengan standard baik secara manual maupun secara mekanikal

4. Analisa Batubara

Menjelaskan mengenai prosedur analisa beberapa parameter yang umum ditentukan untuk batubara seperti TM, Proximate, Total Sulfur, Calorific Value, HGI, Ultimate, dan AFT

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – Sampling Pengujian dan Preparasi Batubara
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close