Health & Safety at WorkHSEOktober 2021Online Training

Online Training – Training Quantitative Risk Assessment

Jadwal Pelatihan Online Training – Training Quantitative Risk Assessment

TanggalTempatKota
12 - 13 Oktober 2021--

DESCRIPTION

Bahaya (hazard) adalah suatu keadaan yang dapat mengakibatkan cedera (injury) atau kerusakan (damage) baik manusia, properti dan lingkungan. Setiap kegiatan yang dilakukan tidak ada satupun yang bebas dari risiko yang ditimbulkan dari bahaya, demikian pula kegiatan yang dilakukan di industri yang dalam proses produksinya menggunakan proses kimia.

Proses pada industri memberikan potensi bahaya yang besar, potensi bahaya yang ditimbulkan disebabkan antara lain: penggunaan bahan baku, tingkatan reaktivitas dan toksitas tinggi, reaksi kimia, temperatur tinggi, tekanan tinggi, dan jumlah dari bahan yang digunakan. Potensi bahaya yang ditimbulkan diperlukan upaya untuk meminimalkan terhadap risiko yang diterima apabila terjadi kecelakaan. Mengingat potensi bahaya yang besar pada industri, maka diperlukan upaya pengendalian, sehingga resiko yang ditimbulkan pada batas-batas yang dapat diterima.

Salah satu bentuk risiko tersebut seperti kecelakaan, peledakan, dan kebakaran pada industri. Hal ini bisa disebabkan, karena kurang pengetahuan tentang penilaian resiko atau risk assessment, sehingga dalam penerapan keselamatan kerja kurang tepat dan efisien. Sebagai bagian dari me-manage kesehatan dan keselamatan di tempat kita bekerja, kita harus dapat mengontrol risiko yang ada di tempat kerja kita. Untuk melakukan hal tersebut, kita perlu memikirkan tentang apa yang mungkin dapat membahayakan pekerja dan memutuskan apakah kita mengambil langkah-langkah pencegahan bahaya dengan tepat. Ini dikenal dengan risk assessment dan ini adalah sesuatu yang dipersyaratkan oleh aturan yang ada untuk dilaksanakan. Penilaian risiko (risk assessment) merupakan penentuan estimasi secara kuantitatif atau kualitatif dari risiko yang terkait dengan situasi konkrit dan bahaya yang ada.

Pada quantitative risk assessment, penilaian risiko memerlukan perhitungan dari dua komponen risiko yaitu besarnya potensi kerugian dan probabilitas bahwa kerugian akan terjadi. Sebuah penilaian risiko bukan tentang menciptakan sejumlah besar dokumen, melainkan tentang mengidentifikasi langkah-langkah yang masuk akal untuk mengendalikan risiko di tempat kerja. Kita mungkin sudah mengambil langkah langkah untuk melindungi pekerja, tetapi penilaian risiko kita akan membantu dalam memutuskan apakah sudah mencakup semua yang dibutuhkan terkait dengan meminimalisir bahaya dan risiko. Maka dari itu, risk assessment merupakan hal yang wajib dipelajari bagi semua praktisi industri untuk seluruh level/posisi karena di setiap lini pekerjaan dipastikan mempunyai risiko dari setiap aktifitas yang ada. Pemahaman setiap orang dalam memahami risiko bahaya dari pekerjaan akan menentukan proses penanggulangan yang akan dilakukan.

 

OUTLINE

  • Konsep Dasar Tentang RISK
  • Value of Risk Assessment in The Engineering Profession
  • General Overview of Risk Assessment Concepts: Hazard Assessment, DoseResponse, Exposure Assessment, Fire and Explosions Assessment, Risk Characteristics
  • Risk Identification: Cause and Consequences Analysis, Fault Tree Analysis
  • Case Study for Chemical Processes Industries and Oil/Petroleum Industries
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – Training Quantitative Risk Assessment
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close