BandungFinance, Accounting, Tax, Treasury, Audit & Risk ManagementNovember 2017Perbankan & KoperasiSeptember 2017Yogyakarta

Penulisan Laporan APU PPT Sesuai PPATK

Jadwal Training Penulisan Laporan APU PPT Sesuai PPATK:

    DESCRIPTION

    APU-PPT merupakan training yang membahas tentang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Tidak Pidana Teroris. Kejahatan APU PPT merupakan permasalahan yang sudah terjadi sejak lama di lembaga keuangan khususnya, selalu saja ada oknum yang memberikan jalan untuk proses pencucian uang terjadi. Bisa jadi sebuah lembaga keuangan yang bersih pun tersisipi oleh oknum-oknum yang menjalankan praktik pencucian uang.

    Pelatihan APU PPT ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh lembaga keuangan. APU-PPT merupakan peraturan terbaru Bank Indonesia yang menggantikan/mencabut Peraturan Bank Indonesia tentang Know Your Customer Principles (KYC). Pelatihan ini bertujuan untuk mengoperasionalkan prinsip APU-PPT guna menghindarkan Indonesia menjadi ajang pencucian uang dan tujuan teroris.

    Penerapkan APU PPT perbankan mengacu pada standar internasional untuk mencegah dan memberantas pencucian uang dan atau pendanaan teroris yang dikeluarkan oleh Financial Action Task Force on Money Laundering (FATF), yang dikenal dengan Rekomendasi 40 + 9 FATF. Rekomendasi tersebut juga menjadi acuan bagi masyarakat internasional dalam melakukan penilaian kepatuhan suatu negara terhadap pelaksanaan APU PPT.

    Dalam pelatihan APU PPT akan di bahas mengenai bagaimana pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme untuk memberikan gambaran jelas mengenai proses dan ciri-ciri APU-PPT serta bagaimana untuk mengatasi permasalahan tersebut agar tidak merugikan bagi perusahaan.

    Pelatihan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) ini merupakan peraturan terbaru dari Bank Indonesia yang mengganti/mencabut peraturan Bank Indonesia tentang Know Your Customer Principles. Program ini juga bertujuan untuk mengoperasionalkan Prinsip Anti Money Laundering serta pencegahan pendanaan terorisme guna menghindarkan Indonesia menjadi ajang pencucian uang dan tujuan teroris.

    Kebocoran dokumen rahasia (dikenal dengan skandal Panama Paper) dari ribuan pejabat tinggi berbagai negara, politisi, selebritis, pengusaha, serta orang-orang ternama lainnya menyiratkan bukti nyata adanya tempat yang menampung dana-dana illegal. Ironisnya banyak bank-bank ternama yang sudah beroperasi ratusan tahun justru menjadi media atau pengatur untuk penyimpanan dana-dana illegal tersebut. Dengan adanya UU Tax Amensty yang sudah disetujui DPR akhir Juni 2016 serta keluarnya Inggris dari Uni Eropa memungkinkan aliran dana segar masuk ke lembaga-lembaga keuangan di Indonesia. Diperlukan pemahaman dan strategi penerapan prinsip customer due diligence (CDD) untuk mengantisipasi kejahatan keuangan tersebut oleh semua korporasi yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dengan aktivitas lalu lintas keuangan.

    Pelatihan APU PPT Pada Bank ini akan memberikan pemahaman dari PBI No. 14/27/PBI/2012 Tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Bagi Bank Umum; UU No 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang serta UU No 9 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme adalah berlaku bagi semua orang atau korporasi yang melakukan atau bermaksud melakukan tindak pidana pendanaan terorisme di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan/atau dana yang terkait dengan Pendanaan Terorisme di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (pasal 2 ayat 1 a dan b).

     

    COURSE OUTLINE

    1. Pihak Pelapor sesuai Pasal 17 ayat 1 UU PPTPPU

    2. Jenis-jenis transaksi mencurigakan :

    • Transaksi Keuangan Mencurigakan (TKM)
    • Transaksi Keuangan Tunai (TKT)
    • Transakso Keuangan Transfer Dana dari dan ke Luar Negeri (TKL)

    3. Tata Cara Pelaporan Pelaksanaan kewajiban pelaporan LTKM, LTKT, dan LTKL

    4. Pedoman LTKM :

    • Pedoman Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan dan Tata Cara Pelaporannya Bagi Penyedia Jasa Keuangan
    • Pedoman Identifikasi Transaksi Keuangan Mencurigakan Bagi Penyedia Jasa Keuangan
    • Pedoman Identifikasi Transaksi Keuangan Mencurigakan terkait Pendanaan Terorisme bagi Penyedia Jasa Keuangan
    • Pedoman Identifikasi Profil, Negara, Bisnis, Produk dan/atau Jasa  yang berisiko tinggi Melakukan TPPU bagi Penyedia Jasa Keuangan

    5. Pedoman LTKT :

    • Pedoman Laporan Transaksi Tunai dan Tata Cara Pelaporannya Bagi Penyedia Jasa Keuangan
    • Pedoman Identifikasi Transaksi Keuangan Tunai Bagi Penyedia Jasa Keuangan
    • Contoh Penggunaan Pendekatan Pelaku dan Pendekatan Rekening Dalam Pelaksanaan Identiflkasi Transaksi Keuangan Tunai

    6. Pedoman LTKL :

    • Informasi Umum Mengenai LTKL
    • Pedoman Penyampaian LTKL

    7. Pedoman Sipesat :

    • Infomasi Umum Mengenai SIPESAT
    • Penyampaian Informasi SIPESAT ke PPATK

    8. Pedoman Penundaan Transaksi

    9. Pedoman Penghentian Transaksi

     

    PARTICIPANT

    Seluruh Pejabat/Staf atau pegawai Bank baik yang bekerja di operasional dan non operasional, khususnya yang berkaitan dengan pelaporan APU & PPT

     

    TRAINING METHOD

    Pre test

    Presentation

    Discussion

    Case Study

    Post test

    Evaluation

    Pick Up Participant (Khusus Yogyakarta)

     

    FACILITIES

    Training Kit

    Handout

    Certificate

    Lunch + 2x Coffee Break

    Souvenir

     

    TRAINING FEE for Penulisan Laporan APU PPT Sesuai PPATK

    Rp7.000.000,-/Participant/Non Residential

    (Quota Minimal 4 participant)

    Form Pre-Registrasi

    Data Materi Training

    Topik Training : Penulisan Laporan APU PPT Sesuai PPATK
    Link
    *Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
    *Nama Peserta Yang Didaftarkan

    Personal Data

    *Nama
    *Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
    *Nama Perusahaan
    *Alamat Perusahaan
    *Email Perusahaan
    *Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
    *Telepon Kantor
    Ekstensi
    *Handphone
    * Harus di isi
    Tags
    , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

    Related Articles

    Check Also

    Close
    *Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
    Close