Rumah SakitYogyakarta

Public Training Service Excellence Rumah Sakit

Jadwal Training Public Training Service Excellence Rumah Sakit:

    PENGANTAR

    Sebuah pertanyaan mendasar bagi para pengembang jasa pelayanan kesehatan, yaitu bagaimana cara agar pasien mau menggunakan jasa pelayanan kesehatan anda lagi?? Jawabannya hanya satu yaitu, pelayanan yang diberikan haruslah benar-benar memuaskan bahkan harus bisa membuat pasien merasa terpuaskan dan lebih dihargai. Mengapa demikian?? Jika pelayanan yang didapatkan baik, pasien tidak hanya sekali menggunakan jasa pelayanan anda, bahkan mereka juga akan mengatakan hal itu kepada orang-orang di sekitarnya. Dan orang-orang tersebut akan lebih percaya terhadap orang yang sudah berpengalaman langsung dibandingkan dari iklan atau janji-janji melalui media apapun.

    Inilah salah satu dasar diterbitkannya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, dimana setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan karyawan yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence atau Excellent Service. Salah satu jasa pelayanan public yang dituntut banyak untuk hal ini adalah jasa pelayanan kesehatan seperti: rumah sakit, klinik, balai kesehatan dan pusat kesehatan masyarakat. Seperti halnya fasilitas pelayanan publik Mall, Hotel dan Apartemen, rumah sakit memiliki tuntutan besar dalam menerapkan services excellent. Bukan pandangan aneh lagi apabila seseorang berada di rumah sakit pastilah yang terlintas di pikirannya adalah rasa takut dan bosan terhadap suasana rumah sakit, belum lagi tidak sedikit yang kita jumpai banyak rumah sakit yang hanya asal-asalan saja dalam melayani pasien mereka, begitu juga tenaga medis yang memberikan pelayanan kurang memuaskan dan akhirnya berdampak pasien kapok berobat di rumah sakit tersebut.

    Jika kita berbicara kepuasan pelayanan tentunya kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh bagian customers services, melainkan peran serta seluruh departemen di rumah sakit dituntut juga untuk menerapkan pelayanan prima untuk terciptanya “Service Excellence”. Sugesti inilah yang menjadi tugas bagi para pengembang jasa pelayanan kesehatan untuk menghilangkanya jauh-jauh dari pola fikir masyarakat dan bagaimana caranya bisa meciptakan suasana aman dan nyaman keseluruh pengunjung rumah sakit terutama para pasien karena akan memberikan efek yang luar biasa pada pasien. Mereka pada dasarnya tidak hanya ingin berobat namun juga ingin diperhatikan, di hormati dan disanjung. Jika semua lini di rumah sakit tersebut mampu memberikan service excellent di rumah sakit yang bagus efeknya tidak hanya kepuasan pasien namun omset yang didapat juga akan meningkat.

     

    TUJUAN 

    Program Training Service Excellence ini telah banyak memberikan terobosan-terobosan baru para industri rumah sakit dalam mendongkrak image dan popularitasnya, dimana peserta yang terlibat dalam pelatihan akan diajarkan secara mendetail baik dari sisi konsep dan aplikasi program dan implementasi service excellance. Dan setelah menyelesaikan pelatihan ini pula diharapkan peserta mampu:

    1. Memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan industrialisasi pelayanan kesehatan seperti: rumah sakit, klinik, balai kesehatan dan pusat kesehatan masyarakat.
    2. Melihat konsep pelayanan prima dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami “ 9 Service Bites (9 Ujung Tombak) yaitu:  Access, Responsiveness,  Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, Professional
    3. Membantu peserta memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image dan integritas rumah sakit yang tinggi sehingga tercipta citra rumah sakit yang baik dimata masyarakat.
    4. Memahami dan menguasai aplikasi pelayanan prima  dilingkungan rumah sakit, mampu menguasai karakter dan typical pasien secara terampil dan cekatan hingga penguasaan diri dalam menghadapi keluhan pasien serta bertindak bijak dalam menanggapinya.
    5. Mentransfer energi positif dari pelayanan prima kepada pasien, dimana hal tersebut akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan akan berbuah pada loyalitas pasien kepada rumah sakit.

     

    MATERI Training Public Service Excellence Rumah Sakit

    • Pemahaman dasar Sikap dan mentalitas implementasi service excellence
    • Paradigma perubahan, dalam menyikapi keluhan menjadi perbaikan dan tanggung jawab sebagai dasar perubahan menjadi lebih baik.
    • Karakter dan typical buruk pelayanan rumah sakit
    • Karakter dan typical pelayanan rumah sakit yang prima
    • Strategi menghadapi perbedaan karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien
    • Keterampilan service excellence
    • Penanganan keluhan
    • Pengembangan layanan
    • Action plan dan improvement

     

    PESERTA

    Peserta yang direkomendasikan untuk mengikuti Training Service Excellence Rumah Sakit diantaranya adalah Bagian promosi rumah sakit, Sales & Marketing Rumah Sakit, Team Customers Services Rumah Sakit, Call Centre Rumah Sakit, Dept CSR Rumah Sakit, Seluruh Team Management Rumah Sakit, Dokter, Perawat, Bidan, dan semua pihak yang terkait.

     

    TRAINING METHOD

    Presentation

    Discussion

    Case Study

    Evaluation

     

    FACILITY

    Training Kit

    Handout

    Certificate

    Lunch + 2 X Coffee Break

    Souvenir

    PickUp Participant

     

    TRAINING FEE for Public Service Excellence Rumah Sakit

    Rp 5.000.000,00/peserta/non-residential (3 – 5 Orang)
    Rp 5.500.000,00/peserta/non-residential (1 – 2 Orang)

    Form Pre-Registrasi

    Data Materi Training

    Topik Training : Public Training Service Excellence Rumah Sakit
    Link
    *Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
    *Nama Peserta Yang Didaftarkan

    Personal Data

    *Nama
    *Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
    *Nama Perusahaan
    *Alamat Perusahaan
    *Email Perusahaan
    *Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
    *Telepon Kantor
    Ekstensi
    *Handphone
    * Harus di isi
    Tags
    , , , ,

    Related Articles

    *Semua jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
    Close