BandungManagerial & Soft skillsMaret 2016Personal Development

Impactful Presentation Skill

Jadwal Training Impactful Presentation Skill:

    Instructor by : Ratna Sesotya

     

    DESKRIPSI

    Sering kali presentasi tidak didengarkan oleh audiensnya karena merasa presentasi yang disampaikan kurang menarik dan membosankan. Ini bisa terjadi karena presenter tidak mampu menyampaikan pesan presentas dengan baik sehingga audiens tidak paham dengan apa yang disampaikan oleh presenter. Atau struktur pesan yang disampaikan tidak berurutan sehingga membuat adiens bingung apa yang disampaikan oeh presenter. Atau presenter kurang bisa membangun konteks dengan baik kepada peserta ketka diawal presentasi. Untuk itu sangat penting bagi seorang presenter untuk memahami struktur presentasi dan memiliki ketrampilan cara penyampaian presentasi yang efektif agar audiens paham dengan apa yang disampaikan oleh presenter.

     

    OBJECTIVE

    1. Pelatihan ini akan membekali peserta dengan teknik-teknik yang tepat bagaimana melakukan presentasi secara profesional dengan hasil yang maksimal.
    2. Melatih setiap peserta dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan presentasi sehingga pembawaannya pada saat melakukan presentasi akan mendukung penguasaannya atas masalah yang disampaikan.
    3. Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam melakukan presentasi secara professional.
    4. Peserta mampu menyampaikan presentasi secara meyakinkan dan memberikan dampak seperti yang diharapkan.

     

    COURSE OUTLINE

    Struktur pesan dalam presentasi

    a. Outcome

    Sebelum menyusun struktur bahan presentasi, seorang presenter perlu menentukan terlebih dahulu apa outcome (keluaran) yang diharapkan dari audiens setelah dia menyampaikan presentasi. Pernyataan outcome ini perlu konkrit dan spesifik, apa hal perlu dipahami audiens, apa hal yang diharapkan akan dilakukan setelah presentasi tuntas dilakukan. Pertanyataan outcome ini sangat penting karena akan menentukan apa yang perlu dan apa yang tidak perlu disampaikan dalam presentasi dan bagaimaan menyusun alur presentasinya.

    b. Mindset Building

    1. Inspirasi Tentang Esensi Presentasi
    2. Eksplorasi Kondisi Pesrta Dalam Ketrampilan Presentasi
    3. Apa yang selama ini sudah dilakukan masing – masing peserta dan bagaimana hasilnya?
    4. Brainstorming dengan kondisi yang ada terus terjadi

    c. Learning The Tools

    – Struktur Pesan

    • Why : Kenapa pesan dalam presentasi ini sangat penting, presenter harus menginspirasi peserta seberapa pentingkahpesan yang akan disampaikan dalam presentasi ini, dan jelaskan apa dampak negatif dan positifnya jika audiens tidak memahami pesan yang akan disampaikan dalam presentasi ini. Jika anda sebagai presenter mampu menyampaikan seberapa penting pesan dalam presentasi anda, maka audiens akan antusias mendengarkan apa yang anda sampaikan hingga akhir.
    • What : Dalam bagian ini anda perlu menjelaskan kepada audiens tentang 2 hal yakni prinsip-prinsip yang mesti dipahami dalam pesan anda dan apa saja hal kunci yang akan anda presentasikan. Setelah itulah baru anda perlu menyampaikan langkah-langkah penting sebagai tindak lanjut dari pesan dalam presentasi anda agar audiens terbayang tindak lanjutnya.
    • How : Pada bagian ini anda akan menjelaskan bagaimana caranya mengaplikasikan hal yang sudah anda sampaikan sebeumnya diawal. Dibagian ini anda juga perlu menyampaikan dan menjelaskan apa saja tips dan trik yang perlu dilakukan oleh audiens agar mampu mengaplikasikan apa yang sudah anda sampakan. Buath lah step-step yang mudah dipahami sehingga peserta gampang mengaplikasikannya.

    – Struktur Presentasi

    • Pembukaan, anda perlu membangun chemistry yang baik dengan audiens, anda harus mampu meng-grab audiens dan membuat audiens nyaman dengan anda. Hal ini sangat penting dilakukan diawal, agar anda mendapatkan perhatian dan respect dari peserta hingga akhir presentasi. Tentang apa saja yang mesti tersampaikan dalam pembukaan dan bagaimana menyampaikannya.
    • Pesan utama, ini adalah bagian penting dalam presentasi, jika anda tidak mampu menyampaikan pesan utama dalam presentasi, maka audiens akan merasa telah membuang waktunya untuk mendengarkan anda. Disinilah letak struktur why – what – how dalam bahan presentasi anda.
    • Penutup, dorongan untuk melakukan. Pada bagian ini anda perlu mendorong peserta untuk melakukannya, tentu saja dengan kalimat positif dan memberitahukan bahwa begitu mudah mengaplikasikannya dan dengan melakukan ini maka audiens akan menapatkan hasil yang diharapkan oleh audiens.

    – Teknik Dalam Presentasi

    • Argumentatif, yaitu apa yang kita sampaikan kepada audiens mesti memiliki dasar ilmu yang jelas, harus memiliki bukti-bukti yang jelas. Seperti data dan referensi yang kemudian dikombinasikan dengan materi yang akan anda jelaskan dengan audiens. Jika anda tidak mampu memberikan penjelasan yang argumentatif, maka presentasi anda akan dengan mudah dibantah oleh audiens anda dan dianggap tidak bisa dipertanggungjawabkan.
    • Atraktif, dalam menyampaikan presentasi kita perlu menyampaikannya dengan gaya yang menarik, atraktif tanpa meninggalkan esensi dari presentasi tersebut. Hal ini diperlukan agar tidak menimbulkan kebosanan dari audiens yang mendengarkan. Jika presenter mampu menjelaskan dengan gaya yang atrakitf, audiens pun akan mendengarkan hingga selesai apa yang anda sampaikan dalam presentasi.
    • Imajinatif, hal ini menjadi unsur yang penting dalam menyampaikan presentasi. Dengan presentasi yang seperti ini, audiens mampu membayangkan gambaran goals atau outcome yang akan dituju dalam presentasi.
    • Inspiratif, setiap presentasi yang disampaikan harus memberikan inspirasi kepada audiensnya hingga audiensnya paham dan mau melakukan apa yang anda sampaikan dalam presentasi. Sehingga audiens tidak hanya tahu, tapi juga mampu meangaplikasikan apa yang sudah anda presentasikan.

    d. Practical The Tools

    – Mere-struktrurisasi material presentasi

    – Berlatih membuka dan menutup presentasi

    e. Practical The Tools

    – Berlatih dalam penyampaian presentasi yang atraktif, argumentative, imajinatif dan inspiratif

    f. Group Exercise

    – Berlatih membuka – menyampaikan isi – menutup presentasi dalam kelompok.

     

    TRAINING METHOD

    Presentation

    Discussion

    Case Study

    Evaluation

     

    FACILITY

    Training Kit

    Handout

    Certificate

    Lunch + 2 X Coffee Break

    Souvenir

      

    TRAINING FEE for Impactful Presentation Skill

    Rp. 6.500.000, – / peserta / non recidential

    Form Pre-Registrasi

    Data Materi Training

    Topik Training : Impactful Presentation Skill
    Link
    *Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
    *Nama Peserta Yang Didaftarkan

    Personal Data

    *Nama
    *Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
    *Nama Perusahaan
    *Alamat Perusahaan
    *Email Perusahaan
    *Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
    *Telepon Kantor
    Ekstensi
    *Handphone
    * Harus di isi
    Tags
    , , , , , , , , , , , , , , , , ,

    Related Articles

    *Semua jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
    Close