Februari 2020Rumah SakitYogyakarta

Komunikasi Efektif Rumah Sakit

Jadwal Pelatihan Komunikasi Efektif Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Dalam setiap perusahaan baik bidang kesehatan, jasa, keuangan, dagang atau perusahaan di bidang lainnya, ada salah satu hal yang sangat penting yang akan menjadi pondasi kekuatan perusahaan tersebut untuk terus tetap tegak berjaya bahkan semakin besar. Hal yang sangat penting itu bernama komunikasi efektif. Banyak sekali yang menyepelekan betapa pentingnya kemampuan komunikasi untuk sebaiknya dimiliki oleh setiap karyawan dalam bidang kerja apapun.

Dalam proses berkomunikasi tentunya melibatkan lebih dari satu orang, jadi ada pemberi pesan (sender) dan ada penerima pesan (receiver). Dalam pelatihan ini kita akan membahas secara lebih detail masing-masing pihak tersebut ketika memberikan dan menerima informasi. Contoh: Perintah dari seorang General Manager yang diberikan kepada Kepala Divisi diteruskan kepada Supervisor hingga kepada seorang Staff bisa diterima atau diartikan berbeda.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Tanggal 01 Maret 2012 di mana terjadi perubahan paradigma standar akreditasi baru yang diaplikasikan pada pelayanan kesehatan yaitu berfokus kepada pasien. Keselamatan Pasien (Patient Safety) menjadi standar utama, mengingat keselamatan pasien merupakan masalah yang perlu ditangani segera di Rumah Sakit, dan penilaian hal ini harus sesuai dengan standar Keselamatan Pasien yang wajib diterapkan di Rumah Sakit dan penilaiannya dilakukan dengan menggunakan instrumen Akreditasi Rumah Sakit.

Berdasarkan Standar Keselamatan Pasien (Patient Safety) tersebut di atas ada 7 standar keselamatan pasien yang harus diterapkan Rumah Sakit, salah satunya yang berbunyi yaitu ”Komunikasi merupakan kunci bagi staff untuk mencapai Keselamatan Pasien“. Dengan dasar tersebut cara berkomunikasi yang baik bagi para staff dan SDM di Rumah Sakit merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai petugas Rumah Sakit di setiap departemen. Untuk mengantisipasi tuntutan tersebut agar bisa mempraktikan komunikasi yang efektif dengan pasien, perlu dilakukan peningkatan kualitas SDM di Rumah Sakit supaya lebih berkualitas.

 

OUTPUT

Setelah mengikuti program Training Komunikasi Efektif bagi Staff Rumah Sakit ini diharapkan peserta mampu:

  • Memahami kebijakan dan pedoman pemberian edukasi
  • Memberikan edukasi kesehatan pada pasien dan keluarga pasien secara efektif
  • Menghasilkan petugas Rumah Sakit yang mampu menjadi Health Educator di Rumah Sakit dan bisa lebih memahami bagaimana cara dan proses melakukan edukasi kesehatan di Rumah Sakit
  • Setelah dilakukan edukasi kepada pasien yang dibangun dengan cara berkomunikasi yang baik diharapkan bisa memberikan arahan kepada pasien dan keluarga pasien agar mampu berpartisipasi dalam memberikan keputusan perawatan dan proses perawatan kepada pasien, sehingga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat dan efektif.

 

OUTLINE COURSE

  1. Pengantar Standar Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2012 SKP.2/JCI IPSG.2 terkait dengan syarat agar Rumah Sakit menyusun cara komunikasi yang efektif, tepat waktu, akuran, lengkap, jelas, dan dapat dipahami pasien
  2. Berbagai kesalahan yang sering muncul karena kurangnya penerapan komunikasi yang efektif di Rumah Sakit
  3. Aspek-aspek penting yang perlu dibangun dalam membangun komunikasi efektif di Rumah Sakit
  4. Komunikasi rfektif berdasarkan Kerangka SBAR (Situation, Background, Assessment, and Recommendation)
  5. Aplikasi dan Teknik Komunikasi yang baik
  6. Tips dan trik sukses menjadi Health Educator yang baik di Rumah Sakit
  7. Teknik Berkomunikasi yang baik dengan menggunakan Metode REACH (Respect, Emphaty, Audible, Clarity and Humble)

 

PARTICIPANT

Pelatihan ini sangatlah direkomendasikan untuk Kepala Ruangan, Kepala Instalasi, Perawat, Staff Lab, Tenaga Fungsional Kesehatan, Terapist, Ahlis Gizi, Psikolog, Staff Apoteker dan Staff Radiologi serta seluruh Staff dan SDM yang terlibat langsung dengan pasien di Rumah Sakit

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Khusus Yogyakarta)

 

TRAINING FEE for Komunikasi Efektif Rumah Sakit

Rp6.500.000,-/Participant/Non Residential

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Komunikasi Efektif Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close