Agustus 2019Training SertifikasiYogyakarta

Pembinaan dan Sertifikasi Chainsaw Operator

Jadwal Training Pembinaan dan Sertifikasi Chainsaw Operator:
  • 27 - 29 Agustus 2019, Pandanaran Hotel, Yogyakarta

Bekerjasama dengan Departemen Kehutanan dan Lingkungan Hidup

 

DESKRIPSI

Menurut Undang-undang No.41 Tahun 1999 tentang kehutanan, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan yang satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan. Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resource). Hal ini dikarenakan hutan dapat diadakan kembali sehingga mampu menghasilkan kembali.

Salah satu aktivitas pemanenan hasil hutan adalah penebangan dan pemotongan pohon yang dilaksanakan oleh operator chainsaw. Kegiatan pemanenan hasil hutan berupa kayu memegang peranan penting dalam kegiatan pengelolaan hutan. Kegiatan pemanenan hasil hutan (harvesting) sebagai bagian dari pengelolaan hutan juga harus memperhatikan asas kelestarian hutan tersebut. Kegiatan pemanenan hasil hutan dapat optimal dan lestari apabila di dalam perencanaannya matang dalam berbagai aspek.

Penggunaan alat mekanis seperti chainsaw dalam  kegiatan harvesting memberikan keuntungan sehingga sering digunakan daripada alat manual. Beberapa kelebihannya antara lain: (1) Alat cukup kuat dan mudah digunakan; (2) Mudah dioperasikan, serta proses untuk menghasilkan pemotongan sesuai tujuan dengan cepat, (3) Dapat digunakan pada berbagai posisi pemotongan, (4) Alat cukup handal dan serbaguna dan (5) Memiliki power besar serta menghemat tenaga manusia. Meski banyak kemudahan yang didapat dengan penggunaan chainsaw, namun aspek keselamatan dan kesehatan kerja dianggap penting dalam sektor kehutanan karena pengelolaan hutan termasuk dalam kategori kegiatan berisiko tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan data kecelakaan kerja pada kegiatan kehutanan empat kali lebih besar dibandingkan angka kecelakaan pada industri lain. Keselamatan kerja merupakan keselamatan yang berhubungan dengan mesin, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, tempat kerja dan kondisi lingkungan.

Operator chainsaw, bersama-sama unit lainnya di dalam sebuah kesatuan manajemen, merupakan salah satu ujung tombak perusahaan dalam mensukseskan tujuan sebuah usaha. Pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang baik dan benar dari seorang operator chainsaw disertai sertifikasi yang baik menjadi ketentuan penting yang tidak dapat diabaikan demi tercapainya target yang diinginkan.

Program pelatihan ini dirancang tidak hanya secara teoritis tetapi juga di desain dengan kegiatan praktik sehingga materi yang diberikan bisa langsung diaplikasikan oleh para peserta. Para peserta tidak hanya mendapatkan materi secara indoor, tetapi juga akan diajak untuk langsung mengaplikasikan materi yang telah didapatkannya di kelas.

 

TUJUAN

  • Memahami peraturan keamanan dan keselamatan kerja khususnya yang berhubungan dengan penggunaan gergaji mesin (chain saw)
  • Mempersiapkan penggunaan dan perawatan gergaji mesin sesuai dengan standar yang telah ada
  • Menebang pohon secara tepat dan aman
  • Memotong kayu secara akurat sesuai dengan standar menggunakan teknik yang aman dan efisien
  • Melakukan teknik pertolongan pertama yang sesuai dengan keselamatan operator chainsaw.

 

OUTLINE MATERI Training Pembinaan dan Sertifikasi Chainsaw Operator

Materi yang akan disampaikan dalam program pelatihan ini mengacu pada kurikulum yang ditetapkan oleh Pusdiklat SDM Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang mencakup teori dan praktik, dengan rincian sebagai berikut:

1. Teori

  • Bina Suasana Pelatihan (2 JP)
  • Peraturan Keamanan dam Keselamatan Kerja (K3) (2 JP)
  • Penggunaan dan Perawatan Gergaji Mesin (2 JP)
  • Teknik Penebangan Pohon (2JP)
  • Teknik Pembagian Batang (2 JP)
  • Teknik Pertolongan Pertama (2 JP)

2. Praktik

  • Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) (4 JP)
  • Penggunaan dan Perawatan Gergaji Mesin (4 JP)
  • Teknik Penebangan Pohon (4 JP)
  • Teknik Pembagian Batang (4 JP)
  • Teknik Pertolongan Pertama (4 JP)

 

PERSYARATAN

Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam program pelatihan ini antara lain para karyawan yang dalam pekerjaannya menggunakan gergaji mesin sebagai peralatannya.

Persyaratan Peserta :

  • Memiliki pengetahuan dasar tentang pengoperasian chainsaw
  • Memiliki surat keterangan sehat dari dokter
  • Belum pernah mengikuti pelatihan sejenis

 

METODE PELATIHAN

Pelatihan disampaikan dengan metode tatap muka dalam bentuk pemberian materi oleh pengajar, diskusi dan tanya jawab, dan praktik lapangan dan/atau simulasi.

 

FASILITAS

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

BIAYA PELATIHAN

HUBUNGI KAMI

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Pembinaan dan Sertifikasi Chainsaw Operator
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags
, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Related Articles

*Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
Close