AprilOrganization & DevelopmentYogyakarta

Excellent Supervisory

Jadwal Training Excellent Supervisory:

    DESKRIPSI

    Posisi supervisor (penyelia atau pengawas) menempati peran yang sangat penting  di dalam suatu perusahaan. Di satu sisi, supervisor merupakan wakil manajemen yang terdekat dengan karyawan. Oleh karenanya, ia memiliki fungsi yang vital karena harus mampu menerjemahkan visi dan misi perusahaan ke dalam program-program kerja serta mampu menggerakkan karyawan untuk mencapai sasaran perusahaan. Di sisi lain, supervisor mengemban amanah untuk mampu menyerap dan mengkomunikasikan aspirasi karyawan sebagai masukan bagi perusahaan untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusif bagi terpeliharanya produktivitas yang maksimal dan kinerja yang optimal. Jabatan supervisor juga merupakan jabatan kritis bagi karir seseorang karena keberhasilannya menjadi supervisor akan menentukan karirnya di kemudian hari. Oleh karena itu, seorang supervisor perlu memiliki serangkaian pengetahuan dan keahlian tertentu agar mampu menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. Pelatihan ini merupakan peta penunjuk jalan menuju supervisor yang excellent di suatu perusahaan

     

    MATERI Training Excellent Supervisory

    1. Peran dan fungsi supervisor dalam manajemen perusahaan

    Materi ini membahas tentang pentingnya manajemen dalam suatu perusahaan, fungsi-fungsi manajemen (planning, organizing, actuating, dan controlling), level manajemen dan manajerial, peran dan fungsi supervisor dalam hubungannya dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja; serta kompetensi yang harus dimiliki supervisor agar dapat melaksanakan perannya dengan baik.

    2. Proses perencanaan,  pengorganisasian,  pelaksanaan, dan pengendalian yang efektif

    Materi ini membahas tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses perencanaan (outcome setting, penetapan key performance indicator, serta internal dan eksternal analysis dalam menyusun program kerja), pengorganisasian (struktur organisasi, span of control, dan job analysis), pelaksanaan, dan pengendalian (monitoring dan evaluasi); penyusunan proposal program kerja, penyusunan Standar Operating Procedure, dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program kerja.

    3. Mengatur diri dan manajemen waktu

    Materi ini membahas tentang pentingnya pengelolaan waktu yang efektif bagi seorang supervisor, teknik-teknik pengelolaan waktu yang efektif, pengaturan diri agar mampu mengelola waktu secara efektif, pengelolaan rapat yang efektif, serta teknik pengelolaan stress yang baik.

    4. Seni berkomunikasi secara efektif baik secara persuasif maupun asertif

    Materi ini membahas tentang pengertian komunikasi yang efektif, pentingnya supervisor memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, teknik-teknik komunikasi yang efektif, tips agar mampu menjadi pendengar yang baik, pengertian dan teknik komunikasi persuasif, pengertian dan teknik komunikasi asertif, serta teknik presentasi yang efektif.

    5. Kepemimpinan, teknik mempengaruhi, dan memberikan perintah yang efektif

    Materi ini membahas tentang pengertian kepemimpinan, ukuran efektivitas kepemimpinan, gaya-gaya kepemimpinan yang efektif untuk situasi tertentu, serta jenis-jenis pengaruh yang bisa diterapkan oleh seorang pemimpin untuk membangun komitmen dan loyalitas karyawan.

    6. Teknik memotivasi : membuat karyawan bergerak dan mendapatkan hasil

    Materi ini membahas tentang pengertian motivasi, faktor-faktor yang bisa mempengaruhi motivasi karyawan, serta teknik-teknik memotivasi yang efektif guna mendapatkan kinerja karyawan yang unggul.

    7. Menjaga perdamaian : menyelesaikan konflik dan menangani masalah

    Materi ini membahas tentang pengertian konflik, faktor-faktor penyebab konflik, teknik penyelesaian konflik, identifikasi masalah, serta langkah-langkah dalam memecahkan masalah (termasuk penggunaan problem solving tools).

    8. Meningkatkan kemampuan karyawan : empowering (pemberdayaan), coaching (bimbingan), and counceling (konsultasi)

    Materi ini membahas tentang pengembangan karyawan melalui pendelegasian yang efektif, training, dan replacement (rotasi atau promosi), sistem umpan balik atau feedback yang efektif, penilaian kinerja yang baik,  serta teknik menangani karyawan yang sulit.

    9. Menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal

    Materi ini membahas tentang jenis pelanggan perusahaan, pentingnya supervisor memiliki sikap “customer oriented”, hal-hal yang harus dilakukan guna mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, serta cara mengukur kepuasan pelanggan.

     

    MANFAAT

    • Mengerti dan menyadari fungsi dan peran supervisor dalam hubungan dengan manajemen perusahaan maupun kelompok kerja.
    • Memahami teknik merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan rencana-rencana operasionalisasi tugas harian secara efektif dan efisien berdasarkan skala prioritas.
    • Memahami teknik mempengaruhi, mengarahkan, meyakinkan dan memotivasi  karyawan untuk menjalankan fungsi kerjanya, serta memahami prinsip-prinsip masalah supervisi staf secara individual.
    • Memahami cara-cara untuk membangun tim kerja yang solid, menciptakan saling pengertian dan mengembangkan kerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
    • Memahami cara-cara untuk mengembangkan staf sehingga dapat berprestasi lebih baik.
    • Memahami cara-cara untuk menciptakan kepuasan pelanggan eksternal dan internal yang tinggi dalam melakukan pekerjaan

     

    PESERTA

    Supervisor/Head Section/Kepala Regu/Kepala Unit, serta staf di bagian administrasi, kesekretariatan, atau  di lapangan yang akan dipromosikan menduduki jabatan supervisor/head section/kepala regu/kepala unit

     

    TRAINING METHOD

    Presentation

    Discussion

    Case Study

    Evaluation

     

     

    FACILITIES

    Training Kit

    Flash disk

    Handout

    Certificate

    Makan siang

    2x coffee breaks

    Souvenir

     

    TRAINING FEE for Excellent Supervisory

    Rp6.500.000,-/Participant/Non Residential

    Quota minimal 3 orang peserta running

     

     

    Form Pre-Registrasi

    Data Materi Training

    Topik Training : Excellent Supervisory
    Link
    *Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
    *Nama Peserta Yang Didaftarkan

    Personal Data

    *Nama
    *Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
    *Nama Perusahaan
    *Alamat Perusahaan
    *Email Perusahaan
    *Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
    *Telepon Kantor
    Ekstensi
    *Handphone
    * Harus di isi
    Tags
    , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

    Related Articles

    *Semua Silabus dan jadwal training yang ada di Training SDM adalah milik dari masing-masing vendor penyelenggara training.
    Close